Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Taqabalallahu Minna wa Minkum.
تقبل الله منا ومنكم
Diantara sekian banyak ungkapan ataupun ucapan selamat dalam suasana hari raya ied al fithr, nyaris semuanya tidak ada riwayatnya yang berasal dari Rasulullah SAW. Kecuali lafadz “Taqabalallahu Minna wa Minka” yang maknanya :
“Semoga Allah menerima amal kami dan amal anda”
Dari Jubair bin Nufair, ia berkata, “Dahulu para sahabat Nabi shalallahu’alaihi wasallam mengucapkan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ ketika saling bertemu di hari Idul Fitri.” Al-Hafidz (Ibnu Hajar) berkata tentang riwayat ini, “Sanadnya hasan.”
Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Tidak mengapa hukumnya bila seseorang mengucapkan kepada saudaranya saat Idul Fitri, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’.” Demikian yang dinukil Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni.
Adapun sebenarnya ucapan-ucapan lain pada hari raya itu boleh, seperti dijelaskan Syaikh Ibnu Ustaimin rahimahullah sbb :
Syaikh Ibnu Ustaimin ditanya,
“Apa hukum tahniah (ucapan selamat) di hari raya? Apakah ada bentuk ucapan tertentu?”
Beliau rahimahullah menjawab,
“Hukum tahniah (ucapan selamat) di hari raya adalah boleh dan tidak ada bentuk ucapan tertentu yang dikhususkan. Karena (hukum asal-pen) setiap adat kebiasaan yang dilakukan orang itu boleh selama bukan perbuatan dosa.”

Sumber : http://muslimah.or.id/fikih/ucapan-selamat-di-hari-raya.html

Komentar